PEMBANGKIT LISTRIK TANPA MENGGUNAKAN BBM

 

  • Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)

adalah pembangkit yang memanfaatkan sinar matahari sebagai sumber penghasil listrik. Alat utama yang digunakan untuk menangkap, merubah dan menghasilkan listrik adalah Photovoltaic atau yang disebut secara umum Modul / Panel Solar Cell. Dengan alat tersebut sinar matahari diubah menjadi listrik melalui proses aliran-aliran elektron negatif dan positif didalam cell modul tersebut karena perbedaan elektron. Hasil dari aliran elektron-elektron akan menjadi listrik DC yang dapat langsung dimanfatkan untuk mengisi battery / aki sesuai tegangan dan ampere yang diperlukan. Rata-rata produk modul solar cell yang ada di pasaran menghasilkan tegangan 12 s/d 18 VDC dan ampere antara 0.5 s/d 7 Ampere. Modul juga memiliki kapasitas beraneka ragam mulai kapsitas 10 Watt Peak s/d 200 Watt Peak juga memiliki type cell monocrystal dan polycrystal. Komponen inti dari sistem PLTS ini meliputi peralatan : Modul Solar Cell, Regulator / controller, Battery / Aki, Inverter DC to AC, Beban / Load. Contoh : Penerangan Listrik Rumah (PLR).

  • Pembangkit Listrik Tenaga Angin (Wind Power)

adalah pembangkit yang memanfaatkan hembusan angin sebagai sumber penghasil listrik. Alat utamanya adalah generator, dengan generator tersebut maka dapat dihasilkan arus listrik dari gerakan blade / baling-baling yang bergerak karena hembusan angin. Pembangkit ini lebih efisien dalam menghasilkan listrik daripada pembangkit listrik tenaga surya. Pembangkit listrik yang ada di pasaran memiliki kapasitas watt per jam 200, 400, 500, 1000, 2000 dan 3000 Watt. Pembangkit ini tidak sembarang dapat digunakan karena medan yang akan dipasang harus memiliki hembusan / kecepatan angin yang tinggi dan stabil. Untuk menggerakan blade / baling-baling agar bisa berputar saja harus memiliki kecepatan angin 2 meter/detik dan untuk menghasilkan listrik yang stabil sesuai kapasitas generatornya rata-rata 6 s/d 10 meter/detik. Pembangkit ini bisa digunakan untuk skala kecil, menengah dan besar karena arus yang dihasilkan dalam 1 jam lebih besar serta membutuhkan investasi yang lebih murah dibandingkan PLTS. Daerah yang cocok digunakan pembangkit ini adalah daerah pantai, pesisir, pegunungan.

  • Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA)

adalah pembangkit yang memanfaatkan aliran air sebagai sumber penghasil listrik. Alat utamanya adalah turbin, dengan turbin ini bisa menggerakkan generator tersebut maka dapat dihasilkan arus listrik. Pembangkit ini lebih efisien daripada pembangkit listrik tenaga surya di dalam menghasilkan listriknya. Pembangkit listrik yang ada di pasaran memiliki kapasitas watt per jam 200, 300, 500, 700, dan 1000 Watt. PLTA ini tidak sembarang dapat digunakan karena medan yang akan dipasang harus memiliki aliran air (water flow) yang tinggi dan stabil biasanya digunakan dialiran bendungan / sungai. Untuk menggerakan turbin agar bisa berputar saja harus memiliki debit air 0.004 s/d 0.01 meter kubik per detik dan ketinggian air 10 s/d 22 meter dari permukaan turbin. Pembangkit ini bisa digunakan untuk skala kecil, menengah dan besar karena arus yang dihasilkan dalam 1 jam lebih besar serta membutuhkan investasi yang lebih murah dibandingkan PLTS. Daerah yang cocok digunakan pembangkit ini adalah daerah aliran sungai dan bendungan.

 

Tanggapan :

Menurut pendapat saya, ketiga pembangkit listrik di atas sangat bermanfaat di kehidupan kita sekarang ini, apalagi di tengah krisis global warming. Dunia sangat mengharapkan penggunaan alat-alat seperti ini karena tanpa menggunakan BBM, pembangkit listrik masih dapat bekerja. Alangkah indahnya bila semua tempat sudah menggunakan alat pembangkit listrik, entah dengan tenaga surya, angin, ataupun air. Jadi, penggunaan BBM pun menjadi semakin berkurang dan akan menstabilkan bumi kita ini. Walo akan ada kerugian bagi penginves BBM. Hmm.. semua teknologi pasti ada plus-minusnya koo…🙂🙂🙂

 

Sumber : http://www.anekasurya.com/

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s