Bidang Energi Baru dan Terbarukan

Semakin meningkatnya volume impor bahan bakar minyak (BBM) solar telah menggalakkan upaya-upaya di dalam negeri untuk mengembangkan bahan-bahan bakar alternatif yang diharapkan bisa mensubstitusi BBM tersebut. Minyak lemak (fatty-oil) atau minyak nabati yang berasal dari tumbuh-tumbuhan menjadi fokus upaya penelitian dan pengembangan Bidang Energi Baru dan Terbarukan (EBT). Bidang EBT mengkaji dan menerapkan pemanfaatan minyak nabati khususnya sawit, jarak pagar dan minyak kelapa dalam bentuk pure palm oil (PPO/olein) sebagai bahan bakar di sektor industri (genset) dan transportasi (kendaraan) melalui suatu pengujian.

Penggunaan minyak nabati sebagai bahan bakar untuk mesin diesel bukanlah sesuatu yang baru karena ini telah dimulai ketika Rudolph Diesel menemukan mesin diesel. Akhir-akhir ini karena tingginya harga minyak bumi, semakin terbatasnya sumber minyak bumi dan perhatian yang besar terhadap lingkungan telah menarik para perekayasa dan peneliti untuk memulai lagi penggunaan minyak nabati secara langsung atau disebut PPO. Penggunaan PPO telah diuji coba pada genset diesel, mobil diesel, dan kompor sebagai pengganti minyak tanah dengan hasil yang cukup memuaskan.

Tanggapan

Ada dua jenis sumber daya alam, yaitu sumber daya alam yang terbarukan dan tidak terbarukan. Dalam hal ini, saya mengambil topik tentang sumber daya alam yang terbarukan. Bidang EBT mengkaji dan menerapkan pemanfaatan minyak nabati khususnya sawit, jarak pagar dan minyak kelapa dalam bentuk pure palm oil sebagai bahan bakar di sektor industri dan transportasi melalui suatu pengujian. Pada zaman ini, tingginya harga minyak bumi membuat persediaan sumber minyak bumi terbatas. Sehingga perhatian yang besar terhadap lingkungan telah menarik para perekayasa dan peneliti untuk memulai lagi penggunaan minyak nabati secara langsung. Pengunaan minyak nabati ini merupakan pilihan alternatif selain penggunaan minyak bumi. Karena minyak bumi merupakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui tetapi memerlukan waktu yang sangat lama, sedangkan minyak nabati sangat mudah diperoleh dari tumbuh-tumbuhan.

 

Sumber : http://ptpse.net/ebt.htm

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s