Tugas Etika Profesi 2

1. Jelaskan perbedaan pokok antara moral dengan etika, berikan contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari!

Jawab:

Moral adalah suatu ajaran yang berisi tentang batasan dari sifat, kehendak, pendapat atau perbuatan yang secara layak dapat dikatakan benar, salah, baik, atau buruk, agar manusia menjadi lebih baik lagi dalam kehidupan sehari-hari. Moral juga dapat disebut pola tingkah laku yang dihasilkan oleh akal manusia. Sedangkan, etika adalah ilmu pengetahuan yang berisi tentang ajaran-ajaran moral. Dengan adanya etika pergaulan dalam masyarakat akan terlihat baik dan buruknya seseorang. Etika bersifat relatif karena dapat berubah-ubah sesuai dengan tuntutan zaman. Tolak ukur dalam moral yaitu seperti adat istiadat, kebiasaan, dan lainnya yang berlaku di masyarakat. Etika dan moral sama artinya tetapi dalam pemakaian sehari-hari ada sedikit perbedaan. Perbedaan tersebut dijelaskan dalam tabel di bawah ini:

Image

Contoh Moral: Berkata dan berbuat yang jujur, menghargai orang lain, membela kebenaran dan keadilan, dll.

Contoh Etika: Berbusana adat atau batik setiap hari jumat, pergaulan muda mudi, upacara adat yang diikuti oleh para pengikutnya.

Referensi :

http://jhohandewangga.wordpress.com/2012/02/24/pengertian-etika/

http://wiki.answers.com/Q/Perbezaan_dan_persamaan_antara_akhlak_etika_dan_moral

kmku.files.wordpress.com/2008/02/1-etika-di-pt.ppt

 

2. Jelaskan perbedaan pokok antara paham kantianisme dan utilitariansime! Berikan contoh masing-masing! Paham mana yang lebih banyak dianut oleh para profesional/Insinyur di bidang keteknikan? Mengapa? 

Jawab:

Kantianisme adalah paham yang mementingkan kejujuran dalam komunikasi serta keberanian menghadapi hal-hal negatif dari diri sendiri, atau suatu perkataan jujur yang menyampingkan kemungkinan resiko besar terancamnya nyawa pelaku dalam kasus tersebut. Paham ini menjelaskan bahwa bila memang harus dilakukan sebuah tindakan, maka tindakan itu dilakukan tanpa memperhatikan kepentingan orang lain.

Sedangkan, paham utilitarianisme adalah suatu tindakan yang membawa manfaat bagi anggota masyarakat sehingga menjadi sesuatu yang berguna, bermanfaat, berfaedah, atau menguntungkan. Istilah ini sering disebut sebagai teori kebahagiaan terbesar (the greatest happiness theory). Paham utilitarianisme ini juga menjadi ukuran baik tidaknya suatu tindakan dilihat dari akibat, konsekuensi, atau tujuan dari tindakan itu.

Contoh paham kantianisme yaitu saat pengambilan keputusan dalam menghadapi masalah terbesar, tetapi tetap mencari obat penangkalnya dan tidak membumihanguskan instalasi riset tersebut dengan bom, yang akan meluluhlantakkan fasilitas tersebut termasuk para peneliti di dalamnya.

Contoh paham utilitarianisme adalah seorang ilmuan yang tetap bereksperimen terhadap percobaan sistem yang diamatinya dalam perkembangan teknologi.

Menurut saya, para profesional/insinyur di bidang keteknikan tampaknya memiliki paham utilitarianisme karena lebih mementingkan hal-hal yang bermanfaat, sehingga membawa keberuntungan untuk pihak terkait.

Referensi:

http://aprillins.com/2010/1554/2-teori-etika-utilitarisme-deontologi/

http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2011/04/tugas-1-etika-profesi-11/

http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pendidikan/Amanita%20Novi%20Yushita,%20S.E./TEORI%20ETIKA.pdf

 

3. Jelaskan yang dimaksud dengan dilemma moral, beri contoh dalam kejadian
dalam kehidupan sehari-hari!.

Jawab:

Dilema moral adalah suatu keadaan dimana seorang individu atau sekumpulan masyarakat dihadapkan oleh suatu konflik, yang memberikan pilihan dalam membuat keputusan moral. Biasanya, satu dilema moral mengandungi satu isu, dan beberapa watak tertentu dimana seseorang terpaksa membuat sesuatu keputusan. Dilema moral terbagi dalam dua hal yang utama yaitu dilema jenis hipotetikal (yaitu situasi berkonflik yang dicipta/direka) dan dilema jenis  real-life (situasi moral yang benar-benar berlaku dalam kehidupan seseorang individu).

Menurut saya, contoh yang tepat dalam dilema moral yaitu apabila seseorang ingin mencukupi kebutuhan sehari-harinya, tetapi ia tidak mempunyai skill yang cukup. Maka, orang tersebut tidak mendapatkan pekerjaan. Akhirnya seseorang memilih jalan pintas yaitu mencuri barang orang lain. Hal ini menjadi dilema moral bagi dirinya, karena ia hanya ingin mencukupi kebutuhan hidupnya.

Referensi:

http://pendidikanmoral.um.edu.my/uploads/rujukan/real%20life%20dilema.pdf

 

4. Salah satu syarat untuk menjadi profesional adalah dimilikinya kompetensi dalam bidangnya. Sehubungan dengan hal tersebut jelaskan kompetensi utama dan kompetensi penunjang yang harus dimiliki oleh Sarjana Teknik Industri Indonesia!

Jawab:

Kompetensi utama dan penunjang dari Sarjana Teknik Industri yaitu:

• Manajemen Kualitas: Kebutuhan konsumen, merancang produk baik berupa barang atau jasa sesuai dengan standar kualitas yang diinginkan, termasuk standar kualitas internasional, seperti  SNI, ISO, dll.

• Pengembangan Desain Produk: Mengelola proses perancangan dan pengembangan  produk mulai dari identifikasi kebutuhan pasar, perancangan produk, pengujian produk baru sampai ke tahap komersialisasi produk/jasa. Selain itu juga kemampuan untuk melakukan inovasi produk.

• Desain Sistem Manufaktur dan Sistem Produksi: Perancangan dan pengelolaan proses manufaktur, perencanaan dan pengendalian produksi, proses produksi, tata letak pabrik, analisis biaya produksi, dan produktivitas.

• Ergonomi (Human Factor Engineering): Pemberdayaan manusia dalam sistem integral seperti ergonomi, analisis perancangan kerja, keselamatan dan kesehatan kerja.

Referensi:  

http://www.gunadarma.ac.id/en/page/teknik-industri.html 

http://id.wikipedia.org/wiki/Tahap_perkembangan_moral_Kohlberg

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s